13 Des 2009

Zat yang dibutuhkan oleh kelinci

Adapun zat-zat makanan yang dibutuhkan ialah : vitamin-vitamin, hydrat arang, lemak, mineral dan air.
a.       Vitamin-vitamin.
Adapun kebutuhan vitamin itu antara lain:
Ø  Vitamin A.
Vitamin ini diperlukan kelinci segala umur. Kekurangan Vitamin A mudah menyebabkan penyakit Coryza, penyakit mata, steril dan mudah diserang parasit.
Vitamin A dapat diperoleh dari tanaman-tanaman yang berwarna hijau, wortel, jagung kuning, minyak ikan.
Ø  Vitamin B Kompleks
Pada umumnya kelinci tak menderita kekurangan Vitamin B. sebab vitamin B bisa disimpan oleh semacam pseudo pemamah biak.
Ø  Vitamin D
Vitamin D banyak dibutuhkan kelinci muda atau yang sedang tumbuh. Kekurangan vitamin D menyebabkan penyakit tulang (rachitis), yakni pertumbuhan tulang kurang sempurna dan mengganggu syaraf.
Vitamin D dapat diperoleh pada tanaman-tanaman dari bangsa leguminosa yang berwarna hijau, tanaman yang mendapat sinar matahari, minyak ikan.
Ø  Vitamin E
Vitamin E adalah vitamin kesuburan atau anti sterilitas. Vitamin ini banyak terdapat pada biji-bijian sebangsa padi dan leguminosa (bagian yang berwarna hijau), kecambah.
b.      Hydrat arang dan lemak
Keduanya digunakan kelinci untuk sumber energi (tenaga). Dan kelbihan hidrat arang dapat membantu  pembentuk lemak tubuh, sehingga kelinci menjadi gemuk.
Hydrat arang terdapat pada: jagung, sorghum, katul, ketela pohon, ketela rambat.
Sedangkan lemak terdapat pada : kacang tanah, kedelai, katul dls.
c.       Mineral .
Mineral adalah berbagai macam garam seperti Ca, P, Fe, dls. Yang diperlukan tubuh untuk : pertumbuhan, berproduksi, reproduksi, dls. Mineral bias diberikan dalam bentuk: tepung ikan, tepung tulang, kapur, dls.
d.      Protein.
Protein digunakan untuk pertumbuhan, mengganti sel baru, dan berproduksi. Untuk itu kelinci segala umur membutuhkan protein.
Protein terdapat pada : tepung ikan, bungkil kelapa, bungkil kacang, kedelai, daun turi, daun lamtoro dls.

0 komentar: